• DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN KUBU RAYA
  • Berlari Lebih Kencang, Berproses Lebih Cepat, Bertindak Lebih Nyata
  • dkpp@kuburayakab.go.id / dkppkkr@gmail.com
  • 0561-710500
  • RSS
  • Pencarian

BIMTEK BPP KOSTRATANI PROYEK IPDMIP T. A. 0

#sobatdkppkkr Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) merupakan manajemen gerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan.
Pada hari Jumat 12 juni 2021 lalu, dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kostratani di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kubu Raya, yang bertempat di BPP Sungai Raya.
Bimtek Kostratani dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Staf BPPSDM Kementan, Kepala Bidang Penyuluhan beserta jajaranya, Koordinator Penyuluh dan Penyuluh dari beberapa Kecamatan.
Kegiatan Bimtek Kostratani dibuka langsung Plt.Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Drs. Heri Supriyanto, M.Si.
Kepala Bidang Penyuluhan, Bambang Purwanto, SP, M.Si yang menjadi Narasumber kegiatan menyampaikan bahwa Kostratani merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) menerapkan paradigma 4.0 dalam mengelola pertanian nasional melalui pendekatan teknologi informasi (IT) dan mekanisasi pertanian. Selain itu Kostratani menjalankan lima peran utama yakni pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, dan pusat pengembangan jejaring dan kemitraan.
Dalam Bimtek Kostratani,selain penyampaian materi oleh Fasilitator, Bimtek ini juga melakukan praktek langsung penggunaan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) dan Perangkat Uji Pupuk (PUP). Harapannya dari kegiatan Bimtek ini Koordinator Penyuluh dan Penyuluh dapat meningkatkan peran BPP di Kecamatannya masing-masing serta dapat langsung mempraktekkan penggunaan alat PUTS dan PUP di lahan petani binaannya. (bidluhtan)

Komentari Tulisan Ini